-->

Younose

Ekonomi manajemen, syariah dan bisnis

3 Kunci Menjadi Musafir yang Baik di Dunia - Kultum

Alhamdulillahirabbil ‘alamin wabihi nasta’in wa’ala umuriddunya waddin wassalatuwasalamu ‘ala asrofil anbiyai walmursalin, sayyidina wamaulana muhammadin wa’ala alihi waashabihi wadhurriyatihi ajma’in wamantabi’ahum biihsanin ila yaumiddin.
Asyhaduanla ilaha illallah almalikul haqul mubin waasyhaduanna muhammadarrasulullah sodiqul wa’dilamin.

Summasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan karunianya pada kesempatan...
Semoga setiap langkah yang kita tempuh menuju ke rumahnya yang agung ini tiap tapaknya menggugurkan dosa2 kita meninggikan derajat kita disisi Allah SWT, dan menjadi pemudah jalan kita semua menuju ke surga.

Kita menemukan satu bekal yang sangat berharga bagi kita para musafir dunia para perantau dunia yang hakekatnya kita semua adalah orang-orang yang hanya mampir dikehidupan dunia ini. Tapi kita safir seorang yang musafir yang baik. Seorang yang mampir untuk berbuat kebaikan, mampir untuk meninggalkan kebaikan.

Maka Rasulullah SAW menasehatkan kepada muadz bin jabal yang hendak pergi ke Yaman. Negeri yang jauh di selatan pada saat itu, sebagai duta beliau SAW. Kata Nabi SAW kepada muadz bin jabal Ittakillaha haitsuma kunta  waatbingis sayyiatal hasanata tamkuha wa kholikin nass bi khulukin hasanin. Bertakwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, susuli segera keburukan yang terlanjur kau lakukan dengan kebaikan supaya bisa menghapusnya dan berakhlaklah kepada sesama dengan akhlak yang mulia.

Jadi ada satu rangkaian pesan yang indah, satu bertakwalah kepada Allah dimanapun engkau berada dimulai dari muroqobah merasakan pengawasan Allah merasakan kehadiran Allah merasaskan kebersamaan Allah dimanapun kita berada. Karena dia maha melihat, Karena dia maha mendengar karena dia bersama kita, kita diawasi dilihat oleh Allah SWT maka kita menampilkan diri kita sebagai seorang yang taat kepadanya betapa indahnya kalau Allah melihat kita dan kita sedang mentaatinya dan betapa tidak eloknya kalau Allah sedang melihat kita, sedangkan kita sedang durhaka kepadanya. Inilah salah satu prinsip taqwa.

Yang kedua, Nabi SAW mengatakan wa’atbingissayyiata tamkuha kita sudah berusaha bertakwa kepada Allah tetapi kadang-kadang kita terjerumus dalam kesalahan, kita jatuh kedalam satu dosa kita khilaf kita lalai kita alpha maka pada saat seperti itu segera sebagai seorang bertakwa kita jangan berlarut didalam kesalahan itu tetapi segera susuli dengan kebaikan supaya bisa menebusnya supaya bisa menghapusnya meskipun hakekatnya tidak ada yang terhapus, tetapi mudah-mudahan dengan mencoba untuk memperbaiki segera dengan berbuat kebaikan segera Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk tetap menjadi seorang yang baik sampai menghadapNya.

Dan yang ketiga kunci sukses seorang musafir tentu saja adalah berakhlaklah kepada sesama dengan akhlak yang mulia dengan jujur dengan tawadu’ dan anak dari kedua akhlak asasi ini jujur dan tawadu’ yang dicontohkan oleh para nabi dan para rasul dalam alqur’an nul karim.
Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah mudah-mudahan Allah SWT menjaga kita dalam safar didunia yang sementara ini sampai kelak kembali kehadiratnya sebagai hamba yang diridhoi oleh Allah dengan satu bertakwa dimanapun kita berada, dua menyusuli segera keburukan yang terlanjur dengan kebaikan supaya bisa menghapusnya, dan yang ketiga kita berakhlak kepada sesama dengan akhlak yang mulia.

Demikianlah 3 Kunci Menjadi Musafir yang Baik di Dunia, mudah - mudahan bermanfaat. Bila ada sumur diladang bolehlah kita menumpang mandi, kalau ada umur yang panjang bolehlah kite bertemu kembali. Baca juga kultum yang lain yaitu Menjaga diri dari yang haram.

Wassalamu’alaikum warahmatulllahi wabarakatuh.