-->

Younose

Ekonomi manajemen, syariah dan bisnis

Pengalaman Membeli Barang Bekas di OLX

Sebulan yang lalu tepatnya pertengahan puasa bulan Juni 2016 saya membeli lemari baju seken di OLX. Setelah 4 tahun tinggal di asrama mahasiswa UMY atau lebih dikenal dengan UNIRES (University Resident) memang saya tidak mempunyai lemari baju dalam artian tidak membeli tapi karena sudah disediakan oleh UNIRES sehingga tinggal pakai saja. Dan tibalah waktunya saya meninggalkan UNIRES dan hijrah ke sebuah masjid Al-Muqorrib namanya. Kebetulan dimasjid ini saya tidak mendapatkan fasilitas seperti di UNIRES. Akhirnya saya putuskan untuk membeli lemari baju.

Beli dimana? tadinya sih mau beli baru di toko yang ada di sekitaran jogja. Usut punya usut saya berkeliling untuk mencari toko yang menjual lemari baju. Banyak ragam dan macam pilihan motif dan harga, sayangnya yang saya inginkan harganya diatas normal wkwkwkw.... dan yang harganya normal sayangnya kurang saya inginkan. Maklumlah karena memilih itu harus yang sesuai ingin hati... karena memang saya dulu pernah beli lemari baju tapi kurang efektif untuk penyimpanan. ini namanya dari pengalaman kita belajar - Experience is the best teacher.

Selang beberapa hari dari saya berkeliling mencari toko, saya ingat dengan yang namanya OLX. Saya termasuk orang yang sangat kecanduan dengan teknologi khususnya teknologi internet baik web aplikasi dll. dari kecanduan saya tersebut saya tau banyak tentang e-commerce dan dalam keadaan mau membeli sesuatu seperti ini kalau sudah buntu di toko offline pasti saya ingat toko online dan yang paling teringat adalah OLX. Saya browsing - browsing dan akhirnya ketemu juga lemari baju idaman saya barangnya masih bagus dan harganya murah  (jelaslah kan barang bekas), yang jual mau mengantar lagi.

Baca juga : saking maniaknya dengan internet saya pernah bekerja juga di freelancer.com

Dari pengalaman saya tersebut kayaknya cocok untuk beli barang bekas yang masih bagus di OLX.
Pertama, Harga jauh lebih murah dibanding beli baru.
Kedua, Barang masih bagus (silahkan pilih dengan seksama ketika membeli di OLX tidak ada jalan lain yaitu dengan ketemuan melihat barangnya langsung)
Ketiga, Memanfaatkan barang bekas
Keempat Membantu sesama yang lagi BU (Butuh Uang) kan ada itu penjual-penjual yang di deskripsinya lagi Butuh Uang, emang sih bisa saja itu hanya ornamen belaka tapi kita husnudzon saja siapa tahu memang lagi sempit-sempitnya uang. seperti yang pernah dialami teman saya yang butuh uang dan menjual Laptopnya.

Itulah sekelumit tentang pengalaman saya membeli barang layak pakai (kaya' sumbangan baju aja.. hehe layak pakai, maksudnya mah barang bekas). Hal yang paling penting adalah belilah karena anda butuh bukan untuk gaya-gayaan atau apalah tapi karena manfaat yang baik dari barang yang kita beli. Bukan beli apa tapi tanyakan dulu apa manfaatnya.